TIPS MEMANDIKAN BAYI

Diposting oleh oti | Senin, Mei 18, 2009

Memandikan bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah, terutama bagi para ibu baru. Dibutuhkan ekstra hati-hati serta persiapan yang benar agar acara mandi sikecil tak hanya berjalan lancar namun juga menyenangkan bagi mereka. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda ibu baru atau para ayah yang ingin membantu istri tercinta memandikan sikecil. Siapa tahu istri anda makin k3agum pada anda dengan kepiawaian anda memandikan sikecil.

  1. Bersihkan mata bayi anda sebelum membasuh rambut dan tubuhnya. Gunakan kapas dan air hangat untuk membersihkan matanya, usap mata bagian dalam kearah mata bagian luar. Gunakan kapas yang berbeda untuk masing-masing mata.
  2. Sesekali dalam seminggu anda bisa membersihkan rambut bayi anda. Baringkan tubuhnya didalam bak, dengan kepala dan leher masih ditopang tangan anda. Alirkan air ke kepalanya secara perlahan dengan menggunakan tangan. Tidak perlu menggunakan shampo hingga usianya lebih tua.
  3. Gunakan waslap untuk membersihkan wajah bayi anda, kemuidian leher dan tubuh, baru yang terakhir anda bersihkan bagian genital dan bokong.
  4. Jika anda hendak menggunakan sabun, gunakanlah sabun yang mengandung sorbolene lotion yang tidak akan menimbulkan iritasi pada  kulit bayi anda.
  5. Letakan bayi anda di ranjangnya atau tempat aman lainnya sebelum anda membereskan alat-alat mandinya. Dengan kemauan dan sedikit latihan, niscaya acara memandikan sikecil tidak akan menjadi hal menakutkan bagi anda.

0 komentar