Pilih Mainan Sesuai Usia

Diposting oleh oti | Senin, Juni 08, 2009

 

baby

Bermain kerap disebut juga "pekerjaan masa kecil". Dan mainan merupakan alat untuk membantu mengembangkan kemandirian, alat pendukung untuk saling berbagi, dan alat yang menstimulasi perkembangan serta kreativitas anak.

Sangat penting untuk memastikan bahwa mainan apa pun yang diberikan ke bayi atau anak telah melalui standar keamanan dan keselamatan.

Nah, apakah Anda telah memiliki pengalaman yang cukup tentang mainan yang akan diberikan ke anak?
Berikut ini langkah-langkah yang tak kalah pentingnya untuk Anda simak sebelum memutuskan membeli mainan untuk si kecil.

* Lakukan sendiri
Terus lakukan pengecekan terhadap uji keamanan dan keselamatan mainan yang Anda berikan pada si kecil. Hati-hati dengan mainan yang dapat dimasukkan dalam mulut. Hindari semua mainan yang memiliki tali, berbentuk tajam, terbuat dari bahan kaca atau yang kira-kira membahayakan.

* Sesuai usia
Sangat penting untuk membeli mainan sesuai dengan umur anak. Anak-anak yang lebih muda lebih cepat mengembangkan keterampilan motorik, sementara anak di atas usia setahun akan lebih cocok dengan mainan yang membutuhkan pemecahan masalah dan yang lebih fisikal.

* Pertimbangkan jangka waktu
Bila mencari mainan, pikirkan berapa lama mainan tersebut dapat digunakan. Sejumlah mainan berkembang melalui tiga tahapan untuk menjaga agar bayi atau anak tertarik dan dapat dimainkan pada saat bayi duduk, berbaring, ataupun berdiri.

* Teliti sebelum membeli
Bila membeli mainan bayi, baca panduannya terlebih dahulu dan pahami kegunaannya.

* Sesuai selera anak
Pastikan mainan tersebut akan digemari oleh si kecil. Melalui permainan, mereka dapat mengasah kepekaan dan belajar tentang dunia di sekitar mereka.

* Beda bayi beda mainan
Pastikan Anda memilih mainan bayi yang sesuai dengan tahapan perkembangannya dan tidak membeli suatu mainan karena teman Anda membelikan mainan tersebut untuk anaknya sehingga Anda merasa harus membelinya untuk buah hati tersayang.

0 komentar