Menggendong bayi sambil berputar-putar diiringi musik lembut sangat mengasyikkan! Permainan ini dapat mengasah keseimbangan, kecerdasan, dan indera pendengaran bayi.16

Siapkan tape recorder atau CD player dengan musik-musik lembut yang berirama klasik atau gembira. Gendonglah bayi dalam posisi yang paling dia sukai sambil sedikit diayun dan berdansa menurut irama. Sambil berdansa, ayah dan bunda juga bisa ikut  berdendang dan menggumamkan lagu sambil tidak lupa tatap terus mata bayi sehingga bayi tahu betapa Anda mencintainya.


Selain menyenangkan bagi ayah dan bundanya, berdansa juga bisa menimbulkan rasa hangat dan aman buat bayi. Kehangatan dan rasa aman ini dapat merangsang kecerdasan bayi. Aneka lagu yang diperdengarkan juga dapat merangsang indera pendengaran bayi. Gerak langkah dan ayunan kita saat berdansa dapat membantu bayi mengasah keseimbangannya sekaligus mengenalkan ritme kepadanya.
Sedangkan tatapan mata penuh cinta dari ayah dan bundanya dapat meningkatkan kecerdasan emosi, mengoptimalkan perkembangan emosional bayi dan mempererat ikatan (bonding) kepada ayah dan bundanya.

0 komentar