baby

Bayi baru tidur terus, selalu menangis, kulit keriput, dan sebagainya. Itu memang kondisi alami bayi baru. Apalagi kondisi-kondisi bayi baru lainnya?

Wajar jika ibu baru masih merasa bingung dengan apa yang terjadi pada bayi yang baru berusia seminggu. Ini fakta-faktanya:

Tidur terus. 18 – 22 jam sehari, itu memang waktu tidur bayi baru lahir. Uniknya, ia lebih banyak tidur di siang hari, sementara di tengah malam ia sering bangun.

Tukang makan. Lambung bayi baru kecil, sehingga hanya mampu menampung ASI sekitar 100 ml. Itu sebabnya ia punya jadwal makan hampir setiap 2-3 jam.

Bobot turun. Jangan terkejut atau takut. Sekalipun minum ASI sepanjang hari, berat badan bayi di minggu pertama akan turun 5 – 10 persen dari berat lahir. Penurunan tersebut terjadi karena bayi mengeluarkan sejumlah cairan serta kotoran pertamanya.

Menangis terus. Wajar saja, karena menangis adalah bahasa bayi ketika menyatakan perasaannya. Cobalah belajar memahami apa yang ingin ‘dikatakan’ bayi melalui tangisan.

Kulit keriput. Kulit bayi usia seminggu memang terlihat ‘aneh’. Kulitnya keriput dan mengandung lapisan. Sebenarnya, kondisi struktur dan komponen kulit bayi baru sudah lengkap, hanya saja belum berfungsi sempurna.

Tangan dan kaki dingin. Hal ini wajar. Biarpun tangan dan kakinya dingin, bukan berarti ia kedinginan, selama bagian dada dan perutnya terasa hangat, dan permukaan kulitnya tidak tampak kebiru-biruan.

Rindu belaian. Bayi baru biasanya ‘haus’ sentuhan dan belaian. Dari kelima indera bayi, indera peraba adalah yang paling awal berkembang.

Bagaimana bunda, sudah lebih memahami bayi baru Anda?

0 komentar